Artikel KOMPETENSI DOSEN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI PUBLIK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI STKIP PGRI NGANJUK

Lestari, Elly (2014) Artikel KOMPETENSI DOSEN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI PUBLIK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI STKIP PGRI NGANJUK. Dharma Pendidikan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9 (3). ISSN 1907-2813

[img]
Preview
Text
21.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang metode pembelajaran presentasi, diskusi dan tanya jawab menggunakan kompetensi dosen sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar ekonomi publik mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Nganjuk. Karena melalui metode pembelajaran presentasi, diskusi dan tanya jawab menggunakan kompetensi dosen akan meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam pembelajaran dan melatih mahasiswa untuk bertanggung jawab serta sportif terhadap dirinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi dosen pada mata kuliah ekonomi publik semester ganjil program studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Nganjuk Tahun Akademik 2013/2014, selain itu untuk mengetahui prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah ekonomi publik semester ganjil program studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Nganjuk Tahun Akademik 2013/2014 dan untuk mengetahui pengaruh kompetensi dosen dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah ekonomi publik semester ganjil program studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Nganjuk Tahun Akademik 2013/2014. Jenis penelitian yang dilaksananakan oleh peneliti ini adalah penelitian kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data yaitu menggunakan angket, dokumentasi dan tes mengenai data yang berkaitan dengan mahasiswa semester V program studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Nganjuk Tahun Akademik 2013/2014. Berdasarkan hasil penelitian pada 21 mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Nganjuk Tahun Akademik 2013/2014, diperoleh hasil penelitian Angket menunjukkan rata-rata X = Kompetensi Dosen sebesar 1.522 dan data hasil Tes belajar mahasiswa rata-rata Y = Prestasi Mahasiswa sebesar 1.575 maka dapat ditarik kesimpulan X2 = 111.044 dan Y2 = 119.025 dan hasil XY = 114.870. Setelah data dianalisis dengan menggunakan metode statistik dengan terlebih dahulu menentukan nilai Korelasi Product Moment, diperoleh rxy > rt baik untuk tabel signifikan 5% ( 0,885 > 0,444 ) maupun taraf signifikan 1% ( 0,885 > 0,561 ) untuk mencari nilai r adalah dengan menghitung db N – 1 = 21 – 1 = 20 maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima sehingga ada pengaruh yang signifikan antara Pengaruh Kompetensi Dosen Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Ekonomi Publik Semester Ganjil Program Studi Pendidikan Ekonomi di STKIP PGRI Nganjuk Tahun Akademik 2013/2014

Item Type: Article
Subjects: I Ilmu Sosial > HB Teori Ekonomi
Depositing User: Elly Lestari
Date Deposited: 05 Jul 2022 03:21
Last Modified: 05 Jul 2022 03:21
URI: http://repository.unitri.ac.id/id/eprint/2686

Actions (login required)

View Item View Item