peer review UPAYA PENINGKATAN PENALARAN MATEMATIS MAHASISWA UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

Rudy, Setiawan and Rio Febrianto, Arifendi (2019) peer review UPAYA PENINGKATAN PENALARAN MATEMATIS MAHASISWA UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL). Program Studi Pendidikan Matematika-IKIP Budi Utomo Malang, Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika.

[img] Image
1. peer review jurnal Upaya peningkatan penalaran matematis mahasiswa universitas tribhuwana tunggadewi melalui pendekatan CTL (reviewer 1)_1.jpg - Peer Review

Download (251kB)
[img]
Preview
Image
2. peer review jurnal Upaya peningkatan penalaran matematis mahasiswa universitas tribhuwana tunggadewi melalui pendekatan CTL (reviewer 2)_1.jpg - Peer Review

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Image
3. Rata-rata hasil peer review jurnal Upaya peningkatan penalaran matematis mahasiswa universitas tribhuwana tunggadewi melalui pendekatan CTL_1.jpg - Peer Review

Download (155kB) | Preview
Official URL: http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/pri...

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) yang dapat meningkatkan penalaran matematis mahasiswa, sehingga masalah penalaran matematis mahasiswa teratasi dengan baik dalam proses pembelajaran, Rancangan dalam penelitian ini merupakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Rancangan penelitiannya terdiri dari beberapa tindakan, satu tindakan dinamakan siklus. Kegiatan setiap siklus terdiri dari empat kegiatan pokok, yaitu perencanaan (planning), tindakan pelaksanaan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Strategi CTL yang digunakan dalam penelitian ini memuat: Relating, Cooperating, Experiencing, Appliying, Transfering. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pembelajaran dengan pendekatan CTL terdiri dari: Mahasiswa mengamati permasalahan, menuliskan permasalahan, menyelesaikan permasalahan, dan mahasiswa mendiskusikan permasalahan; (2) Penalaran matematis mahasiswa yang belajar dengan menggunakan CTL mengalami peningkatan; (3) Pembelajaran dengan CTL disukai mahasiswa. Kata kunci: CTL, penalaran matematis

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: rudy setiawan
Date Deposited: 01 Aug 2019 06:34
Last Modified: 01 Aug 2019 06:34
URI: http://repository.unitri.ac.id/id/eprint/476

Actions (login required)

View Item View Item