Upaya Peningkatan Penalaran Matematis Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)

Rio Febrianto, Arifendi and Rudy, Setiawan (2019) Upaya Peningkatan Penalaran Matematis Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) yang dapat meningkatkan penalaran matematis mahasiswa,sehingga masalah penalaran matematis maha, 1 (2). pp. 55-59. ISSN 2656-4181

[img] Text (Upaya Peningkatan Penalaran Matematis Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL))
301 - Published Version

Download (4kB)
Official URL: http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/pri...

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) yang dapat meningkatkan penalaran matematis mahasiswa,sehingga masalah penalaran matematis mahasiswa teratasi dengan baik dalam proses pembelajaran, Rancangan dalam penelitian ini merupakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Rancangan penelitiannya terdiri dari beberapa tindakan, satu tindakan dinamakan siklus. Kegiatan setiap siklus terdiri dari empat kegiatan pokok, yaitu perencanaan (planning), tindakan pelaksanaan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Strategi CTL yang digunakan dalam penelitian ini memuat: Relating,Cooperating, Experiencing, Appliying, Transfering. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pembelajaran dengan pendekatan CTL terdiri dari: Mahasiswa mengamati permasalahan, menuliskan permasalahan, menyelesaikan permasalahan, dan mahasiswa mendiskusikan permasalahan; (2) Penalaran matematis mahasiswa yang belajar dengan menggunakan CTL mengalami peningkatan; (3) Pembelajaran dengan CTLdisukai mahasiswa. Kata kunci: CTL, penalaran matematis

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: rudy setiawan
Date Deposited: 01 Aug 2019 06:31
Last Modified: 01 Aug 2019 06:31
URI: http://repository.unitri.ac.id/id/eprint/472

Actions (login required)

View Item View Item