Khaerudin, D Noorvy and Istikomayanti, Yuswa and Aldya, Riantina Fitra and Mitasari, Zuni and Setyabudi, Irawan and Yoga, Tirta (2025) Pedoman Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Tahun 2025. Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LPPP).
|
Text
Pedoman Pendidikan UNITRI NEW.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan tinggi merupakan wujud nyata dalam membangun sumber daya manusia yang unggul, berkarakter, dan mampu menghadapi tantangan zaman. Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sistem pendidikan tinggi dituntut untuk mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan global, tanpa meninggalkan nilai-nilai luhur bangsa dan kearifan lokal. Oleh karena itu, pedoman penyelenggaraan pendidikan ini diharapkan dapat menjadi acuan yang jelas dan terarah bagi seluruh sivitas akademika dalam melaksanakan proses pendidikan secara konsisten, profesional, serta sesuai dengan visi dan misi universitas. Sejak awal berdirinya, universitas senantiasa berkomitmen untuk mengembangkan model pendidikan modern yang memadukan keunggulan akademik, integritas moral, dan penguasaan keterampilan praktis. Upaya ini diwujudkan melalui penyusunan kurikulum yang dinamis, metode pembelajaran yang inovatif, serta evaluasi berkelanjutan untuk menjamin mutu lulusan. Kehadiran pedoman ini juga selaras dengan arah kebijakan nasional, khususnya kebijakan Merdeka Belajar–Kampus Merdeka (MBKM), yang mendorong mahasiswa untuk lebih adaptif, kreatif, dan siap bersaing di dunia kerja maupun dunia usaha. Di tengah era digital dan perkembangan revolusi industri, mahasiswa diharapkan tidak hanya menguasai aspek teoritis, tetapi juga memiliki kemampuan berpikir kritis, kolaboratif, dan solutif dalam menghadapi berbagai tantangan. Dengan demikian, pendidikan tinggi bukan hanya menjadi proses transfer ilmu, tetapi juga sebagai sarana pembentukan karakter, pengembangan potensi diri, serta pemberdayaan masyarakat. Pedoman ini diharapkan mampu membantu mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan dalam memahami arah, tujuan, dan tata cara penyelenggaraan pendidikan secara menyeluruh.
| Item Type: | Book |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Depositing User: | Mr. Irawan Setyabudi |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 04:46 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 04:46 |
| URI: | http://repository.unitri.ac.id/id/eprint/3571 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
