Kusmawan, Andi and Pudjiastuti, Agnes Quartina and Iriani, Nur Ida Similarity Marketing Efficiency of Orange in Gadingkulon Village, Dau District, Malang Regency, Indonesia. Behzad Hassannezhad Kashani, Iran.
|
Text
Marketing Efficiency of Orange in Gadingkulon Village, Dau District, Malang Regency, Indonesia.pdf - Similarity Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pemasaran yang efisien akan mensejahterakan para pelaku di setiap agen pemasaran, produsen dan konsumen. Efisiensi akan tercipta jika biaya pemasaran dapat diminimalisir sehingga persentase harga produsen kepada konsumen tidak terlalu besar, dan tidak ada kesenjangan rasio keuntungan terhadap biaya pemasaran antar agen pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi pemasaran jeruk keprok dan siam di Desa Gadingkulon. Data dikumpulkan dari 87 petani jeruk yang dipilih dengan simple random sampling. Pedagang ditentukan dengan snowball sampling, terdiri dari 17 pengepul, 5 grosir, dan 7 pengecer terpilih. Data diedit di lapangan, ditabulasi, dikompilasi, kemudian disajikan dalam bentuk tabel, dianalisis dan dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jeruk keprok dan siam di Desa Gadingkulon memiliki struktur pasar kompetitif yang tidak sempurna yang bersifat monopolistik. Pemasaran kedua jenis jeruk tersebut melibatkan empat jalur yaitu pengepul, pengecer (dalam dan luar Kabupaten Malang), dan pedagang grosir. Sistem pemasaran jeruk belum efisien, dimana pedagang grosir memiliki rasio margin keuntungan yang lebih besar dibandingkan pelaku pasar lainnya. Saluran pemasaran I dan II untuk jeruk keprok lebih efisien daripada saluran III dan IV. Sementara itu, saluran pemasaran I untuk siam lebih efisien daripada saluran II, III, dan IV.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | I Ilmu Sosial > HB Teori Ekonomi |
Depositing User: | Nur Ida Iriani |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 06:09 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 06:09 |
URI: | http://repository.unitri.ac.id/id/eprint/3010 |
Actions (login required)
View Item |