(Peer Review) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERINTEGRASI DI ERA PENDIDIKAN 4.0

Oktavian, Riskey and Aldya, Riantina Fitra (2020) (Peer Review) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERINTEGRASI DI ERA PENDIDIKAN 4.0. UM Surabaya Publishing, Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan.

[img]
Preview
Text
Peer Review Didaktis.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didakti...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring yang menekankan integrasi dengan lingkungan dari berbagai sumber yang ditinjau dari berbagai aspek selama era pendidikan 4.0. Menggunakan metode berupa meta-analisis jurnal, melalui berbagai macam jurnal yang berhubungan dengan variabel penelitian dikumpulkan kemudian dikaji dan ditarik suatu kesimpulan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembelajaran daring akan efektif jika menerapkan komponen esensial dari Laurillard yang mencangkup aspek diskursfi, adapftif, interaktif dan reflektif. Namun 76,07% memilih kombinasi pembelajaran daring sehingga penting adanya inovasi berupa integrasi dengan lingkungan mengacu pada komponen digital learning ecosystem dari Hammond yang dapat mengakomodasi gaya belajar, fleksibilitas dan pengalaman belajar peserta didik sehingga dapat memunculkan perasaan positif.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: efektivitas; pembelajaran daring; lingkungan; pendidikan 4.0
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Riantinafitra Aldya
Date Deposited: 06 Aug 2021 07:56
Last Modified: 06 Aug 2021 07:56
URI: http://repository.unitri.ac.id/id/eprint/2225

Actions (login required)

View Item View Item