MENINGKATKAN DAYA SAING DALAM MENDORONG PENGEMBANGAN PRODUK BERBASIS KERAKYATAN MENUJU GOOD LOCAL INDUSTRY

Budi, Prihatminingtyas (2015) MENINGKATKAN DAYA SAING DALAM MENDORONG PENGEMBANGAN PRODUK BERBASIS KERAKYATAN MENUJU GOOD LOCAL INDUSTRY. MENINGKATKAN DAYA SAING DALAM MENDORONG PENGEMBANGAN PRODUK BERBASIS KERAKYATAN MENUJU GOOD LOCAL INDUSTRY, 17 (1). pp. 323-333. ISSN 2222-19059 (paper) 2222-2839 (online)

[img]
Preview
Text
b05 Meningkatkan daya saing dalam mendorong pengembangan produk berbasis kerakyatan menuju good local industry.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://repository.ut.ac.id/3558/1/fisip2015_27_bud...

Abstract

Indonesia telah memasuki era komunitas ASEAN. Salah satu pilar Komunitas ASEAN yaitu Pilar Komunitas Ekonomi ASEAN. Hal tersebut berdampak pada sektor perekonomian. Persaingan produk di Indonesia sekarang ini sungguh sangat berat, selain bersaing dengan produk lokal, produk Indonesia harus bersaing dengan produk luar negeri. Sejak terbentuk CAFTA. China sebagai negara besar memiliki produk murah dan berkualitas, diproduksi secara masal siap bersaing di kawasan ASEAN. Indonesia dengan jumlah penduduk sekitar 230 juta jiwa merupakan salah satu pasar yang potensial, dengan tingkat produktifitas rendah, bahkan cenderung konsumtif. Tujuan penelitian ini menjelaskan kemampuan bersaing industri makanan dan minuman. Kemampuan menyediakan produk yang memiliki kualitas tinggi. Meningkatkan peran usaha kecil dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori menggunakan metode kualitatif dan pendekatan partisipatif untuk memperoleh informasi. Data primer diperoleh dari kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian MP3EI dilakukan mulai tahun 2013 sampai tahun 2015 di 5 desa, setiap desa diwakili 30 pengusaha di Kabupaten Magelang, Kabupaten Sleman dan Yogyakarta. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa produk industri makanan dan minuman di daerah penelitian memiliki kemampuan bersaing. sehingga dapat menciptakan peluang pasar terbuka dan mempercepat pertumbuhan ekonomi. Produk yang disediakan memiliki kualitas tinggi, karena menggunakan budaya bersih dan tanggung jawab sosial dalam proses produksi. Peranan usaha kecil dapat menyerap tenaga kerja, menciptakan peluang kerja baru, pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Keyword: Daya saing, produk berbasis kerakyatan

Item Type: Article
Subjects: I Ilmu Sosial > HB Teori Ekonomi
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Budi BP Prihatminingtyas
Date Deposited: 20 Mar 2019 02:10
Last Modified: 20 Mar 2019 02:10
URI: http://repository.unitri.ac.id/id/eprint/215

Actions (login required)

View Item View Item