Saekoko, Aploisari and Qorib, Fathul and Setiamandani, Emei Dwinanarhati Domestication of Women in Dettol Soap Commercials. Jurnal Komunikasi Nusantara.
|
Text
Domestication of Women in Dettol Soap Commercials.pdf - Published Version Download (553kB) | Preview |
Abstract
Abstrak: Media massa merupakan salah satu alat promosi yang paling sering digunakan oleh industri. Sayangnya, iklan tidak hanya berisi tentang pemasaran produk tetapi juga menyebarkan ide-ide yang tidak adil kepada kaum wanita, khususnya iklan produk kecantikan. Iklan Sabun Dettol versi Ramadhan Bersih menggambarkan sebuah keluarga berisi suami, istri, dan anak dengan perannya masing-masing. Penelitian ini berfokus pada peran perempuan sebagai ibu rumah tangga dalam periklanan dengan menggunakan teori gender dan model semiotik Roland Barthes. Studi tersebut menemukan kecenderungan menempatkan wanita sebagai ibu rumah tangga yang bertanggung jawab untuk membersihkan rumah, memasak, mengawasi anak, mendidik, menjaga kebenaran anak, dan mencuci. Studi ini memperkuat temuan studi sebelumnya tentang domestikasi perempuan dalam periklanan. Kesimpulannya, iklan membangun peran konsepsi anggota rumah tangga dalam perbedaan gender yang tidak seimbang. Sebagai produk budaya yang dikonsumsi oleh masyarakat luas, industri hendaknya lebih memperhatikan iklan yang dirancang untuk menjual barang tanpa menghilangkan unsur pendidikan gender dan keadilan. Kata Kunci: Domestikasi Wanita, Iklan Sabun, Dettol, Keadilan Gender, Semiotika Roland Barthes.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | I Ilmu Sosial > I Ilmu Sosial (General) |
Depositing User: | Mr Fathul Qorib |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 03:56 |
Last Modified: | 11 Apr 2022 03:56 |
URI: | http://repository.unitri.ac.id/id/eprint/2550 |
Actions (login required)
View Item |