Oktavian, Riskey and Aldya, Riantina Fitra (2020) (Peer Review) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERINTEGRASI DI ERA PENDIDIKAN 4.0. UM Surabaya Publishing, Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan.
|
Text
Peer Review Didaktis.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring yang menekankan integrasi dengan lingkungan dari berbagai sumber yang ditinjau dari berbagai aspek selama era pendidikan 4.0. Menggunakan metode berupa meta-analisis jurnal, melalui berbagai macam jurnal yang berhubungan dengan variabel penelitian dikumpulkan kemudian dikaji dan ditarik suatu kesimpulan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembelajaran daring akan efektif jika menerapkan komponen esensial dari Laurillard yang mencangkup aspek diskursfi, adapftif, interaktif dan reflektif. Namun 76,07% memilih kombinasi pembelajaran daring sehingga penting adanya inovasi berupa integrasi dengan lingkungan mengacu pada komponen digital learning ecosystem dari Hammond yang dapat mengakomodasi gaya belajar, fleksibilitas dan pengalaman belajar peserta didik sehingga dapat memunculkan perasaan positif.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | efektivitas; pembelajaran daring; lingkungan; pendidikan 4.0 |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Riantinafitra Aldya |
Date Deposited: | 06 Aug 2021 07:56 |
Last Modified: | 06 Aug 2021 07:56 |
URI: | http://repository.unitri.ac.id/id/eprint/2225 |
Actions (login required)
View Item |