PEER REVIEW: ALTERNATIF PENINGKATAN KREATIVITAS MAHASISWA UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MELALUI MEDIA POHON MATEMATIKA

Rudy, Setiawan and Rio Febrianto, Arifendi (2017) PEER REVIEW: ALTERNATIF PENINGKATAN KREATIVITAS MAHASISWA UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MELALUI MEDIA POHON MATEMATIKA. UM-SURABAYA PUBLISHING, Must: Journal of Mathematics Education, Science and Technology.

[img]
Preview
Image
1.Peer review jurnal Alternatif Peningkatan Kreatifitas Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Melalui Pohon Matematika (reviewer 1)_1.jpg

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Image
2.Peer review jurnal Alternatif Peningkatan Kreatifitas Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Melalui Pohon Matematika (reviewer 2)_1.jpg

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Image
3.Rata-rata hasil peer review jurnal Alternatif peningkatan kreativitas Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Melalui Pohon Matematika_1.jpg

Download (155kB) | Preview
Official URL: http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/matemat...

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran dengan media pohon matematika, (2) mengetahui pengaruh penggunaan media pohon matematika terhadap hasil belajar matematika, (3) mengetahui pengaruh penggunaan media pohon matematika terhadap kreativitas mahasiswa, dan (4) mengetahui pendapat mahasiswa tentang pembelajaran matematika dengan media pohon matematika. Rancangan dalam penelitian ini merupakan The Static Group Comparison. Peneliti memberikan perlakuan pada kelompok eksperimen dengan pembelajaran menggunakan media pohon matematika. Sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok yang belajar tanpa menggunakan media pohon matematika. Sebelum penelitian, diadakan tes kemampuan awal (pretes) untuk masing-masing kelompok. Setelah dikenai perlakuan yang berbeda, maka masing-masing kelompok diberikan postes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pembelajaran dengan media pohon matematika terdiri dari: a) Tahap awal, yaitu penjelasan peraturan pohon matematika dan pembagian kelompok; b) Tahap inti, yaitu masing-masing kelompok bekerja sama dalam mengkonstruksi daun pohon matematika; dan c) Tahap akhir berupa presentasi oleh masing-masing kelompok dan membahas jawaban. (2) Hasil belajar matematika mahasiswa yang belajar dengan menggunakan media pohon matematika lebih tinggi daripada hasil belajar matematika mahasiswa dengan metode pembelajaran ekspositori. (3) Pembelajaran dengan pohon matematika memungkinkan mahasiswa untuk menyelesaikan masalah dengan bermacam-macam interpretasi, metode penyelesaian atau jawaban sehingga kreativitas mahasiswa dapat berkembang. (4) Pembelajaran dengan media pohon matematika disukai mahasiswa. Kata kunci: kreativitas mahasiswa, pohon matematika

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: rudy setiawan
Date Deposited: 01 Aug 2019 06:33
Last Modified: 01 Aug 2019 06:33
URI: http://repository.unitri.ac.id/id/eprint/475

Actions (login required)

View Item View Item