Muhammad, Mushfi El Iq Bali and sugiharto, Firsta Bagus and Rozhana, Kardiana Metha (2022) Similarity check "Implikasi Quranic Zone Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini". Jurnal Ilmiah Potensia.
|
Text
Implikasi Quranic Zone Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini (1)_compressed (2).pdf - Similarity Download (908kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi dan informasi memiliki dampak positif dan negatif. Positifnya, memberikan kemudahan aksesibilitas dan updating pengetahuan. Dampak negatif bagi perkembangan anak, yaitu kemudahan memperoleh informasi-informasi yang memiliki nilai-nilai negatif. Banyak beredar di internet video tindak kekerasan dan asusila serta video pergaulan remaja di luar negeri yang tidak sesuai dengan karakter dan budaya bangsa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan zona pendidikan berbasis Alquran (Quranic Zone) dalam membentuk karakter anak usia dini di TK Al-Quran An-Nadwah. Pendekatan penelitian kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan Implikasi Quranic Zone terhadap pembentukan karakter anak usia dini di TK Al-Qur’an An-Nadwah. Lokasi di TK Al-Qur’an An-Nadwah Kalianget Banyuglugur Situbondo dengan subyek penelitian 47 siswa. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Beberapa aktivitas pembelajaran dalam membentuk karakter qurani anak usia dini di TK yaitu melalui pembelajaran etika dalam membaca doa, surat-surat pendek, melaksanakan shalat wajib, melalui kisah nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam sebagai inspirasi untuk mengikuti sikap dan perilaku beliau dalam kehidupan sehari-hari, dan memberikan penghargaan pada siswa yang memiliki karakter baik dan memberikan hukuman pada siswa yang memiliki karakter tidak baik. Dapat disimpulkan bahwa pembentukan karakter qur’ani anak usia dini di TK ini menggunakan metode dialog, kisah, perumpamaan, keteladanan, dan metode targhib dan tarhib.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Kardiana Metha Rozhana |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 06:23 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 06:23 |
URI: | http://repository.unitri.ac.id/id/eprint/3082 |
Actions (login required)
View Item |