APLIKASI E-COMMERCE UNTUK PENINGKATAN PEMASARAN PRODUK UMKM SAMBAL KEMASAN SAMBEL’IN MAH DI MASA PANDEMI

Widyastuti, Fikka Kartika and Fitri, Ayu Chandra Kartika and Sa'dillah, M. APLIKASI E-COMMERCE UNTUK PENINGKATAN PEMASARAN PRODUK UMKM SAMBAL KEMASAN SAMBEL’IN MAH DI MASA PANDEMI. Reswara : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

[img]
Preview
Text
Aplikasi E-Commerce Untuk Peningkatan Pemasaran Produk UMKM 14%.pdf - Similarity

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswar...

Abstract

Lingkup program yang dipilih tim pengabdi adalah pengoptimalan teknologi pemasaran atau distribusi produk “Sambel’in Mah”, salah satu UMKM di Kota Blitar, Jawa Timur dengan memanfaatkan digital marketing berupa sistem e-commerce. Pemasaran atau distribusi produk ditingkatkan dengan melakukan observasi dan wawancara untuk mengetahui kondisi dan permasalahan mitra. Selanjutnya tim pelaksana memberikan sosialisasi dan penyuluhan sekaligus di dalamnya pelatihan pembuatan website dan e-commerce berupa akun market place seperti Shopee dan Tokopedia, serta meningkatkan aktivitas promosi di akun instagram. Selain itu untuk mendukung pemasaran secara online, digunakan jasa food photography and editing untuk membuat foto produk agar lebih menarik minat pembeli dan diunggah di seluruh media sosial toko mitra di instagram, website dan akun e-commerce. Hasil pengaplikasian e-commerce dengan memanfaatkan digitalisasi marketing, mampu membantu mitra mendapatkan manfaat diantaranya pemasaran semakin luas, menghemat biaya dibandingkan promosi offline, dan omset penjualan semakin meningkat 80% meskipun dalam kondisi pandemi Kata Kunci: Digital Marketing, UMKM, Sambal Kemasan

Item Type: Other
Subjects: I Ilmu Sosial > HF Commerce
Depositing User: Ayu Chandra Kartika Fitri
Date Deposited: 27 Apr 2023 09:47
Last Modified: 27 Apr 2023 09:47
URI: http://repository.unitri.ac.id/id/eprint/2932

Actions (login required)

View Item View Item