Similarity - EVALUASI KINERJA ANGKUTAN UMUM TRAYEK MALANG – KEDIRI BERDASARKAN KEPUASAN PELAYANAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

Primasworo, Rifky Aldila and Pandulu, Galih Damar and Gons, Yusta Dayuwasti Similarity - EVALUASI KINERJA ANGKUTAN UMUM TRAYEK MALANG – KEDIRI BERDASARKAN KEPUASAN PELAYANAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. Politeknik Negeri Malang.

[img]
Preview
Text
EVALUASI KINERJA ANGKUTAN UMUM TRAYEK MALANG – KEDIRI BERDASARKAN KEPUASAN PELAYANAN PADA MASA PANDEMI COVID-19.pdf - Similarity

Download (2MB) | Preview

Abstract

Angkutan umum penumpang trayek Malang – Kediri merupakan angkutan yang melayani antar kota dalam Provinsi, dan jalur ini merupakan salah satu rute yang sangat panjang dengan waktu tempuh ± 4 jam. Seiring dengan perubahan waktu, adakalanya perencana memerlukan evaluasi kembali kinerja angkutan Bus untuk memenuhi nilai standar Dinas Perhubungan Darat . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja pelayanan angkutan umum, produktivitas angkutan umum, dan membuat solusi alternatif terkait dengan hasil evaluasi kinerja pelayanan angkutan umum. Dalam penelitian ini indikator kinerja angkutan umum yang dinilai adalah load factor, headway, frekuensi, jumlah kendaraan yang beroperasi, kecepatan perjalanan, waktu pelayanan, waktu tunggu, waktu perjalanan, dan juga indikator kepuasan pelayanan yang dinilai adalah bukti fisik, keandala, daya tanggap, jaminan, empati. Indikator – Indikator tersebut diperoleh dari hasil survei dinamis dan survei statis. Dari hasil evaluasi standar pelayanan angkutan umum menurut Dirjen Perhubungan Darat, kinerja angkutan umum trayek Malang – Kediri adalah termasuk kategori sedang. Kepuasan penumpang yang memiliki layanan dengan tingkat kepentingan tinggi dan kinerja rendah adalah terdapat 4 faktor, sedangkan 15 faktor lainnya memiliki layanan tingkat kepentingan dan kinerja baik/tinggi. Produktivitas angkutan umum trayek Malang – Kediri adalah sebesar 31 pnp/hari-kend. Solusi alternatif yang diberikan adalah peningkatan kinerja pelayanan dilakukan dengan memeperbaiki pelayanan yang tidak sesuai dengan standar pelayanan, serta didukung oleh peran serta Pemerintah sebagai pemangku kebijakan dan tindakan tegas bagi pelanggaran terhadap stadar pelayanan khususnya pelayanan angkutan kota. Kata Kunci : evaluasi, kinerja angkutan umum, pelayanan.

Item Type: Other
Subjects: T Technology > Teknik Sipil(General). Teknik Sipil (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: ST., MT Rifky Aldila Primasworo
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:21
Last Modified: 23 Jun 2022 04:21
URI: http://repository.unitri.ac.id/id/eprint/2641

Actions (login required)

View Item View Item