Artikel lengkap - Penggunaan Social Media Marketing pada @Oksigen_Cafe untuk Meningkatkan Customer Engagement

Qorib, Fathul and Rinata, Asfira Rachmad and Fianto, Latif Artikel lengkap - Penggunaan Social Media Marketing pada @Oksigen_Cafe untuk Meningkatkan Customer Engagement. Jurnal Avant Garde.

[img]
Preview
Text
Penggunaan Social Media Marketing pada @Oksigen_Cafe untuk Meningkatkan Customer Engagement.pdf

Download (746kB) | Preview

Abstract

Malang merupakan salah satu kota yang memiliki banyak kafe untuk generasi muda. Berbagai kafe ini bersaing untuk mendapatkan konsumen melalui berbagai macam strategi untuk mempererat hubungan dengan konsumennya, salah satunya melalui media sosial Instagram. Salah satu kafe yang menarik di Kota Malang adalah Oksigen Kafe karena berbasis komunitas seni, budaya, dan sastra. Tujuan penelitian ini adalah ingin melihat efektivitas penggunaan Instagram @Oksigen_Cafe dalam menjalin hubungan dengan customer-nya melalui konsep the circular model of some dari Regina Lutrell, yaitu share, optimize, manage, dan engage. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sumber data primer berupa dokumentasi @Oksigen_Cafe, lalu diperkuat dengan sumber sekunder berupa wawancara dengan pemilik kafe. Hasilnya diketahui bahwa kafe ini memanfaatkan Instagram secara maksimal dengan cara mengunggah setiap informasi yang menarik (share) dan melakukan percakapan secara empatik dengan followers (engage). Namun untuk optimalisasi media sosial masih kurang dilakukan (optimize), termasuk kurangnya pemahaman cara memanfaatkan tools marketing baik secara gratis maupun berbayar (manage). Keunggulan dari Instagram @Oksigen_Cafe khususnya pada penataan feed dan story yang kompak dan berdasarkan moment yang sedang trend. Kesimmpulannya @Oksigen_Cafe memiliki potensi untuk berkembang melalui penggunaan Instagram, namun masih memiliki kekurangan pada bidang teknis media sosial. Penelitian ini menyarankan agar @Oksigen_Cafe meluaskan pemahaman teknis penggunaan media sosial sehingga mampu memaksimalkan potensi Instagram sebagai cara meningkatkan customer engagement. Kata Kunci: Circular Model of Some; Customer Engagement; Kota Malang; Oksigen Cafe

Item Type: Article
Subjects: I Ilmu Sosial > I Ilmu Sosial (General)
Depositing User: Mr Fathul Qorib
Date Deposited: 20 Apr 2022 13:54
Last Modified: 20 Apr 2022 13:54
URI: http://repository.unitri.ac.id/id/eprint/2547

Actions (login required)

View Item View Item