Qorib, Fathul and Saleh, M Artikel lengkap - Anti Islam hingga Dekat Emak-Emak Perang Citra Jokowi dan Prabowo pada Pemilihan Presiden 2019. Jurnal Komunikasi Global.
|
Text
Anti Islam hingga Dekat Emak-Emak Perang Citra Jokowi dan Prabowo pada Pemilihan Presiden 2019.pdf Download (750kB) | Preview |
Abstract
Abstrak Pencitraan yang dilakukan kandidat presiden bisa terjadi dalam berbagai media. Salah satu media yang jarang dipakai tetapi unik adalah melalui video klip Goyang Jempol Jokowi Gaspol dan The Power of Emak-Emak. Penelitian ini menggunakan segitiga makna semiotika C. S. Pierce yaitu representamen, objek, dan interpretan, guna mengungkap interpretasi tersembunyi dari video klip politik tersebut. Penggunaan konsep ini dibatasi pada interpretan pada gambar dibandingkan pada lirik lagu. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif agar dapat mendukung teori semiotika untuk mengungkap makna dari kedua video klip tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jokowi direpresentasikan sebagai sosok merakyat yang selalu didukung masyarakat, dekat dengan generasi milenial, dan sosok yang tidak anti Islam. Sedangkan Prabowo direpresentasikan sebagai sosok yang dicintai para emak-emak, sosok yang dekat dengan ulama dan umat Islam, dan sosok yang bisa memberikan solusi dari masalah-masalah yang muncul sejak pemerintahan Jokowi. Video klip yang digunakan oleh Jokowi dan Prabowo memiliki penggambaran citra yang ingin ditonjolkan guna memenangkan pemilihan presiden. Kata Kunci: Analisis Semiotika, Goyang Jempol, Pemilihan Presiden 2019, The Power of Emak-Emak
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | I Ilmu Sosial > I Ilmu Sosial (General) |
Depositing User: | Mr Fathul Qorib |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 13:54 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 13:54 |
URI: | http://repository.unitri.ac.id/id/eprint/2546 |
Actions (login required)
View Item |