Pola Konsumsi Media pada Generasi Milenial Kota Malang

Qorib, Fathul Pola Konsumsi Media pada Generasi Milenial Kota Malang. UltimaComm.

[img]
Preview
Text
Lengkap - Pola Konsumsi Media pada Generasi Milenial Kota Malang.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Media digital menggantikan media konvensional dengan cepat. Selain karena media digital memudahkan pemenuhan informasi, juga karena generasi milenial lebih menyukai media digital yang mampu mengikuti perkembangan kebutuhan generasi mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui intensitas milenial dalam membaca media cetak dan media digital, mengeksplorasi harapan mereka (gratification sought), serta melihat pemenuhan media terhadap kebutuhan mereka (gratification obtained). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan data didapat melalui in-depth interview agar dapat mengungkap pilihan-pilihan lebih dalam dari informan yang terdiri dari mahasiswa jurnalistik di empat perguruan tinggi di Kota Malang. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa intensitas membaca surat kabar pada generasi milenial sangat kurang karena koran sulit tersedia di lingkungan mereka, berbanding terbalik dengan media online yang dapat diakses setiap saat. Gratification sought dari milenial terhadap media terletak pada lima hal terpenting, yaitu mendapatkan informasi, belajar menulis berita, menghabiskan waktu luang, bahan interaksi sosial, dan membebaskan informasi dari unsur hoaks. Milenial menganggap media online lebih mampu memenuhi kebutuhan mereka pada lima hal tersebut dibanding surat kabar. Kata kunci : media cetak, media digital, uses and gratification, milenial

Item Type: Article
Subjects: I Ilmu Sosial > I Ilmu Sosial (General)
Depositing User: Mr Fathul Qorib
Date Deposited: 11 Apr 2022 02:11
Last Modified: 11 Apr 2022 02:11
URI: http://repository.unitri.ac.id/id/eprint/2542

Actions (login required)

View Item View Item