Qorib, Fathul (2020) Strategi PR dalam Mengembangkan Pariwisata. FP Aswaja, Lombok Tengah, NTB. ISBN 978-623-6636-28-2
|
Text
Strategi PR dalam Mengembangkan Pariwisata.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Buku ini hadir karena pergulatan penulis yang selama ini mendalami keilmuan komunikasi khususnya berkaitan dengan komunikasi pariwisata. Cabang-cabang kajian Ilmu Komunikasi menyebarluas dari wilayah sempit seperti komunikasi intrapersonal dan interpersonal, komunikasi kelompok dan organisasi, hingga industry dan media massa. Kajian pariwisata yang dihubungkan dengan kemampuan para pengelolanya untuk menjalankan strategi komunikasi merupakan salah satu kajian baru yang dikembangkan di berbagai kampus belakangan ini. Penulis banyak berterima kasih atas diskusi-diskusi dengan kolega di Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Tribhuwana Tunggadewi, tentang pariwisata di Malang Raya. Diskusi yang menyenangkan di warung kopi, di sela-selarapat, hinggadiskusi mingguan yang penuh emosi, telah membawa pengaruh besar pada semangat penulis dalam berkarya. Selain itu semua, munculnya buku ini, sebagian juga hasil dari pembacaan penulis atas berbagai penelitian mahasiswa yang selama ini penulis bimbing. Diskusi dengan mahasiswa juga mengacu pada permasalahan di lapangan yang kadang tidak kita dapatkan di ruang kelas. Apalagi trend meneliti pariwisata di program studi kami mengalami kenaikan pesat sejak tahun 2017 hingga sekarang. Sehingga dari beberapa kali observasi, melakukan wawancara mendalam dengan pengelola wisata, hingga pendampingan langsung di lokasi wisata, konsep tentang pariwisata berbasis public relations ini dapat mewujud dalam sebuah buku. Secara khusus, buku ini terbentuk dari Buku ini hadir karena pergulatan penulis yang selama ini mendalami keilmuan komunikasi khususnya berkaitan dengan komunikasi pariwisata. Cabang-cabang kajian Ilmu Komunikasi menyebarluas dari wilayah sempit seperti komunikasi intrapersonal dan interpersonal, komunikasi kelompok dan organisasi, hingga industry dan media massa. Kajian pariwisata yang dihubungkan dengan kemampuan para pengelolanya untuk menjalankan strategi komunikasi merupakan salah satu kajian baru yang dikembangkan di berbagai kampus belakangan ini. Penulis banyak berterima kasih atas diskusi-diskusi dengan kolega di Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Tribhuwana Tunggadewi, tentang pariwisata di Malang Raya. Diskusi yang menyenangkan di warung kopi, di sela-selarapat, hinggadiskusi mingguan yang penuh emosi, telah membawa pengaruh besar pada semangat penulis dalam berkarya. Selain itu semua, munculnya buku ini, sebagian juga hasil dari pembacaan penulis atas berbagai penelitian mahasiswa yang selama ini penulis bimbing. Diskusi dengan mahasiswa juga mengacu pada permasalahan di lapangan yang kadang tidak kita dapatkan di ruang kelas. Apalagi trend meneliti pariwisata di program studi kami mengalami kenaikan pesat sejak tahun 2017 hingga sekarang. Sehingga dari beberapa kali observasi, melakukan wawancara mendalam dengan pengelola wisata, hingga pendampingan langsung di lokasi wisata, konsep tentang pariwisata berbasis public relations ini dapat mewujud dalam sebuah buku. Secara khusus, buku ini terbentuk dari Buku ini hadir karena pergulatan penulis yang selama ini mendalami keilmuan komunikasi khususnya berkaitan dengan komunikasi pariwisata. Cabang-cabang kajian Ilmu Komunikasi menyebarluas dari wilayah sempit seperti komunikasi intrapersonal dan interpersonal, komunikasi kelompok dan organisasi, hingga industry dan media massa. Kajian pariwisata yang dihubungkan dengan kemampuan para pengelolanya untuk menjalankan strategi komunikasi merupakan salah satu kajian baru yang dikembangkan di berbagai kampus belakangan ini. Penulis banyak berterima kasih atas diskusi-diskusi dengan kolega di Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Tribhuwana Tunggadewi, tentang pariwisata di Malang Raya. Diskusi yang menyenangkan di warung kopi, di sela-selarapat, hinggadiskusi mingguan yang penuh emosi, telah membawa pengaruh besar pada semangat penulis dalam berkarya. Selain itu semua, munculnya buku ini, sebagian juga hasil dari pembacaan penulis atas berbagai penelitian mahasiswa yang selama ini penulis bimbing. Diskusi dengan mahasiswa juga mengacu pada permasalahan di lapangan yang kadang tidak kita dapatkan di ruang kelas. Apalagi trend meneliti pariwisata di program studi kami mengalami kenaikan pesat sejak tahun 2017 hingga sekarang. Sehingga dari beberapa kali observasi, melakukan wawancara mendalam dengan pengelola wisata, hingga pendampingan langsung di lokasi wisata, konsep tentang pariwisata berbasis public relations ini dapat mewujud dalam sebuah buku. Secara khusus, buku ini terbentuk dari hasil penelitian di Museum Angkut Kota Batu (Jatim Park Group) dan Kampung Wisata Keramik Dinoyo Kota Malang, yang kemudian dikembangkan menjadi sebuah buku referensi.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | I Ilmu Sosial > I Ilmu Sosial (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Mr Fathul Qorib |
Date Deposited: | 08 Feb 2022 03:27 |
Last Modified: | 08 Feb 2022 03:27 |
URI: | http://repository.unitri.ac.id/id/eprint/2352 |
Actions (login required)
View Item |