EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERINTEGRASI DI ERA PENDIDIKAN 4.0

Oktavian, Riskey and Aldya, Riantina Fitra (2020) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERINTEGRASI DI ERA PENDIDIKAN 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20 (2). pp. 129-135. ISSN 2614-0578

[img]
Preview
Text
4763-13173-1-PB didaktis.pdf

Download (439kB) | Preview
Official URL: http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didakti...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring yang menekankan integrasi dengan lingkungan dari berbagai sumber yang ditinjau dari berbagai aspek selama era pendidikan 4.0. Menggunakan metode berupa meta-analisis jurnal, melalui berbagai macam jurnal yang berhubungan dengan variabel penelitian dikumpulkan kemudian dikaji dan ditarik suatu kesimpulan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembelajaran daring akan efektif jika menerapkan komponen esensial dari Laurillard yang mencangkup aspek diskursif, adapftif, interaktif dan reflektif. Namun 76,07% memilih kombinasi pembelajaran daring sehingga penting adanya inovasi berupa integrasi dengan lingkungan mengacu pada komponen digital learning ecosystem dari Hammond yang dapat mengakomodasi gaya belajar, fleksibilitas dan pengalaman belajar peserta didik sehingga dapat memunculkan perasaan positif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: efektivitas; pembelajaran daring; lingkungan; pendidikan 4.0
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Riantinafitra Aldya
Date Deposited: 06 Aug 2021 07:56
Last Modified: 06 Aug 2021 07:56
URI: http://repository.unitri.ac.id/id/eprint/2221

Actions (login required)

View Item View Item