Rohman, Abd and Larasati, Dewi Citra Similarity STANDART PELAYANAN PUBLIK DI ERA TRANSISI NEW NORMAL. Unitri Press, Malang.
|
Text
Similarity STANDART PELAYANAN PUBLIK DI ERA TRANSISI NEW NORMAL.pdf - Similarity Download (3MB) | Preview |
Abstract
Perubahan nomenklatur Badan Pelayanan Pajak Daerah menjadi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Malang di awal tahun 2020, menyebabkan bertambahnya beban kerja yang harus dijalankan. Demikian juga saat pandemi covid-19 muncul menuntut Bapenda harus baradaptasi dengan tatanan new normal. Dimana Bapenda harus memberikan pelayanan terbaik dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, teknik pengumpulan data dengan interview, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bapenda Kota malang telah menjalankan standart pelayanan dengan menggunakan protokol kesehatan. Upaya yang dilakukan adalah dengan mengurangi jumlah pegawai yang bertugas di loket pelayanan, mengalihkan pelayanan pelaporan serta konsultasi pajak melalui online, masyarakat dibebaskan dari biaya dalam mengakses pelayanan, menyediakan informasi produk layanan dalam bentuk buku atau menanyakan langsung kepada petugas yang ada di ruang tunggu, pemenuhan sarana dan prasarana pelayanan sesuai protokol kesehatan serta menempatkan petugas di lokat pelayanan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Hasil penelitian ini juga mengungkapkan kurangnya kesadaran wajib pajak yang membutuhkan pelayanan dalam mentaati protokol kesehatan.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | I Ilmu Sosial > I Ilmu Sosial (General) J Ilmu Politik > JA Ilmu Politik (General) |
Depositing User: | Abd Rohman |
Date Deposited: | 25 Sep 2020 02:44 |
Last Modified: | 25 Sep 2020 02:44 |
URI: | http://repository.unitri.ac.id/id/eprint/1627 |
Actions (login required)
View Item |