Rozana, Kardiana Metha and Fidiastuti, Hasminar Rachman (2017) Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. 2017. Model Problem Based Instruction Berbantuan Model Mind Mapping pada Materi Permasalahan Sosial di Lingkungan Setempat untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2 (2). pp. 198-204. ISSN 2460-6324
Text (Hasil plagiasi JPDN 2017)
Cek Plagiasi JPDN 2017.pdf - Other Restricted to Registered users only until 9 January 2020. Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Intruction berbantu model Mind Mapping, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Pringapus Kabupaten Trenggalek. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian diskriptif kualitatif dengan jenis penelitian menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, yaitu siklus-1 dan siklus-2 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN 2 Pringapus yang berjumlah 24 siswa. Hasil dari pra siklus, aktivitas belajar siswa yaitu 63% dan hasil belajar 68%. Siklus-1 diperoleh hasil aktivitas siswa 84% dan hasil belajar 74%. Siklus-2 dan diperoleh hasil aktivitas siswa meningkat menjadi 92% dan hasil belajar 85%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Instruction Model, Mind Mapping Model, Activities, Learning Outcomes |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Hasminar HRF Rachman Fidiastuti |
Date Deposited: | 17 Jul 2018 06:24 |
Last Modified: | 17 Jul 2018 06:24 |
URI: | http://repository.unitri.ac.id/id/eprint/157 |
Actions (login required)
View Item |