JPBI. 2016. Pengembangan Modul Matakuliah Mikrobiologi melalui Biodegradasi Memanfaatkan Potensi Bakteri Indigen

Fidiastuti, Hasminar Rachman and Rozana, Kardiana Metha (2016) JPBI. 2016. Pengembangan Modul Matakuliah Mikrobiologi melalui Biodegradasi Memanfaatkan Potensi Bakteri Indigen. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. 2016. ISSN:2527-6204, 2 (2). pp. 125-132. ISSN 2527-6204

[img]
Preview
Text
Pengembangan Modul JPBI 2.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jpbi

Abstract

Mahasiswa dalam mempelajari sains, perlu memperhatikan hakikat sains. Hakikat Sains dipelajari mahasiswa dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir (mind on), keterampilan (hands on) serta sikap ilmiah (heart on). Kajian Mikrobiologi di prodi TIP, Universitas Tibhuwana Tunggadewi adalah tentang mikroorganisme. Peneliti melakukan penelitian terkait upaya rehabilitasi lingkungan dengan memanfaatkan potensi bakteri indigen sebagai agen dalam proses biodegradasi. Hasil penelitian digunakan sebagai acuan dalam penyusunan modul. Melalui modul yang dibuat berdasarkan hasil penelitian, diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan 1) kemampuan berpikir bahwa mikroorganisme dapat menjadi agen dalam proses rehabilitasi pencemaran lingkungan dan dapat diisolasi dari limbah, mengembangkan 2) keterampilan melalui praktikum biodegradasi sederhana, serta mengembangkan 3) sikap ilmiahnya melalui penanaman konsep yang telah dipelajari, dalam memberikan solusi praktis terhadap problematika pencemaran lingkungan. Modul bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan keefektifan pembelajaran di kelas baik waktu, dana, fasilitas maupun tenaga untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Penerapan pembelajaran Mikrobiologi yang mengacu pada perpaduan modul dan keterampilan proses sains melalui pelaksanaan kegiatan praktikum, diharapkan menjadi alternatif dalam menciptakan pembelajaran Mikrobiologi yang mengacu pada aspek proses, produk dan sikap ilmiah. Hasilnya adalah telah dilakukan 3 tahap penyusunan bahan ajar berupa modul Mikrobiologi yang mangacu pada model penelitian dan pengembangan 4-D (Thiagarajan, et all), meliputi tahap pendefisinian, perancangan, dan pengembangan. Hasil pada tahap pendefinisian dilakukan analisis karakteristik siswa, analisis tugas, analisis konsep dan analisis tujuan pembelajaran. Pada tahap perancangan dilakukan desain dan penyusunan bahan ajar, dilanjutkan dengan tahap pengembangan, yaitu pengukuran kelayakan terhadap modul yang telah disusun. Hasil yang didapatkan terhadap pengukuran kelayakan modul adalah tingkat pencapaian 85% oleh ahli pengembangan bahan ajar, tingkat pencapaian 87% oleh ahli materi dan tingkat pencapaian 84% oleh praktisi. Sedangkan hasil rata-rata angket keterbacaan oleh mahasiswa adalah sebesar 86,55%. Hasil validasi ini menjadi rujukan untuk perbaikan modul.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Biodegradasi in vitro, Bahan ajar, Bakteri Indigen
Subjects: L Education > LT Textbooks
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Hasminar HRF Rachman Fidiastuti
Date Deposited: 17 Jul 2018 06:24
Last Modified: 17 Jul 2018 06:24
URI: http://repository.unitri.ac.id/id/eprint/155

Actions (login required)

View Item View Item