Meningkatkan kesiapan uji kompetensi ners melalui bimbingan intensif

Choeron, Rachmat Chusnul (2020) Meningkatkan kesiapan uji kompetensi ners melalui bimbingan intensif. Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STIKes PEMKAB Jombang, Jurnal Ilmiah Keperawatan.

[img]
Preview
Text
cek similarity_jurnal1.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://journal.stikespemkabjombang.ac.id

Abstract

Angka kelulusan uji kompetensi (ukom) ners secara nasional dari tahun ke tahun masih tergolong rendah. Berbagai cara ditempuh oleh perguruan tinggi untuk meningkatkan kemampuan mahasiswanya dalam menghadapi ukom. Tujuan penelitian ini ialah untuk membuktikan efektivitas bimbingan intensif terhadap kesiapan mahasiswa dalam menghadapi ukom ners. Desain penelitian menggunakan one group pre-post test design. Populasi pada penelitian ini ialah mahasiswa ners yang telah diyudisum pada periode akhir tahun ajaran 2018-2019 Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Sampel sebanyak 60 responden diambil dengan teknik random sampling. Data dikumpulkan menggunakan lembar evaluasi yang terdiri dari 180 pertanyaan vignette yang disusun oleh tim yang tersertifikasi item development dan item review. Data diuji menggunakan uji paired t test dengan α=0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan mahasiswa dalam menghadapi ukom ners sebelum diberikan bimbingan intensif berada pada rerata 36,00 (SD=09,36), kesiapan mahasiswa dalam menghadapi ukom ners setelah diberikan bimbingan intensif berada pada rerata 45,89 (SD=6,83) dan bimbingan intensif terbukti efektif meningkatkan kesiapan mahasiswa dalam menghadapi ukom ners (p=0,000). Bimbingan intensif sangat penting diberikan kepada mahasiswa untuk meningkatkan kesiapan menghadapi ukom sehingga angka kelulusan ukom dapat meningkat.

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Ns. Rachmat Chusnul Choeron
Date Deposited: 22 Aug 2020 06:48
Last Modified: 22 Aug 2020 06:48
URI: http://repository.unitri.ac.id/id/eprint/1394

Actions (login required)

View Item View Item