Similarity Implementasi Kebijakan Pemungutan Pajak Reklame Kota Malang

Rohman, Abd Similarity Implementasi Kebijakan Pemungutan Pajak Reklame Kota Malang. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tribhuwana Tunggadewi, Malang.

[img]
Preview
Text
1. IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMUNGUTAN PAJAK REKLAME KOTA MALANG.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fisip/art...

Abstract

JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help SUBSCRIPTION My Subscriptions USER You are logged in as... akhirul My Journals My Profile Log Out NOTIFICATIONS View (74 new) Manage JOURNAL CONTENT Search Search Scope Browse By Issue By Author By Title Other Journals FONT SIZE Flag Counter HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES ANNOUNCEMENTS PUBLICATION ETHICS WRITING GUIDELINES TEMPLATE Home > Vol 9, No 1 (2020) > Rohman IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMUNGUTAN PAJAK REKLAME KOTA MALANG Abd. Rohman Abstract Bertambahnya jumlah usaha-usaha yang ada di kota Malang berdampak pada jumlah penggunaan reklame yang semakin meningkat dari tahun ketahun. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis implementasi kebijakan pemungutan pajak reklame berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Kota Malang serta mengetahui faktor penghambat dan pendukungnya. Jenis penelitian yang di gunakan adalah deskriptif kualitatif dengan tehnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kebasahan data menggunakan triangulasi tehnik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan pemungutan pajak reklame di Kota Malang dengan menerapkan sistem official assessment, mekanisme pembayaran yang dilakukan oleh wajib pajak dengan membawa blanko Surat Pemberitahuan Pajak Daerah (SPTPD) dan tarifnya ditentukan dari nilai sewa reklame x dan tarif pajak reklame. Kebijakan mengenai intensifikasi yaitu mengenai pengawasan pembayaran pajak oleh wajib pajak, peningkatan kualitas sumber daya manusia dan penyusunan peraturan. Kebijakan terkait dengan ekstensifikasi yaitu mengenai pendataan wajib pajak baru dan sosialisasi pajak reklame. Faktor pendukung penerimaan pajak reklame di Kota Malang yaitu meliputi 1) Sarana dan Prasarana 2) Sistem informasi yang mendukung dan 3) kondisi perekonomian yang semakin membaik. Faktor Penghambat yaitu meliputi 1) rendahnya kesadaran wajib pajak 2) Kualitas Aparatur Dispenda Kota Malang dan 3) Adanya perubahan sistem media reklame yang digunakan dan harus beralih menggunakan reklame berbentuk videotron.

Item Type: Other
Subjects: I Ilmu Sosial > I Ilmu Sosial (General)
J Ilmu Politik > JA Ilmu Politik (General)
Depositing User: Sirli Mardianna Trishinta
Date Deposited: 05 May 2020 06:45
Last Modified: 05 May 2020 06:45
URI: http://repository.unitri.ac.id/id/eprint/1082

Actions (login required)

View Item View Item